Mahasiswa, Siapakah Anda?

rektorat

Rektorat UI

Beberapa saat sebelum saya menulis ini, saya baru saja menyaksikan sebuah video yang berisi profil-profil mahasiswa berprestasi di Universitas Indonesia. Mereka semua mengemukakan gagasan-gagasan yang mulia, menjadi mahasiswa sebagai entitas pembangun bangsa, dan merupakan suatu tugas tersendiri bagi mereka untuk untuk memastikan itu terjadi….

Tetapi APAkah sebenarnya mahasiswa itu?
Secara harfiah, tentu saja seorang mahasiswa adalah seorang manusia yang berhasil memasuki jenjang pendidikan tinggi, dan melaksanakan pendidikan pada level tersebut. Tapi apakah sesempit itu makna mahasiswa? mengingat titel “mahasiswa” inilah yang ikut mengiringi proses tawuran UKI-YAI, juga beberapa peristiwa kerusuhan lainnya, yang melibatkan mahasiswa-mahasiswa di seluruh Indonesia…

Sebagai sebuah inti, sebenarnya seorang mahasiswa mempunyai tiga ruh utama, yang biasanya disebut sebagai tridharma perguruan tinggi, yaitu pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat. Sebagai seorang pembelajar, tentu saja mahasiswa harus memperhatikan proses pendidikan, bukan hanya pendidikan kognitif, tetapi juga afektif, dan soft skill yang nantinya akan diperlukan ketika sudah tidak berstatus mahasiswa lagi. Sebagai seorang pemikir, mahasiwa tentu diharapkan dapat menuangkan ide-ide yang dia punya dalam sebuah proses penelitian, yang merupakan sarana observasi ilmu-ilmu Allah, dan sarana pembuka kehidupan masyarakat menuju kemakmuran dan kemajuan. Unsur tridharma pendidikan yang terakhir ada pengabdian masyarakat. Sadar, atau tidak sadar, masyarakat ikut menyumbang pendapatan mereka demi memajukan universitas kita, sehingga sampai saat ini kita masih bisa merasakan nikmatnya berkuliah dengan biaya yang relatif lebih murah dibandingkan dengan negara-negara lainnya. Ketika masyarakat sudah berjasa besar untuk kita, apakah yang bisa kita lakukan sebagai sarana berterima kasih? Itulah esensi sebenarnya dari pengabdian masyarakat, dimana kita sebagai mahasiswa diharapkan dapat membantu masyarakat, tidak hanya memberikan bantuan-bantuan secara langsung, tetapi juga ikut membangun peradaban dalam menciptakan tatanan kehidupan masyarakat yang lebih baik….

Lalu bagaimanakah sikap kita sebagai mahasiswa? Ingatlah bahwa setelah kita lulus nantinya kita akan kembali kepada masyarakat, oleh karena itu berkembanglah sesuai dengan minat dan ilmu yang kita geluti, lalu kembangkanlah ilmu tersebut sebesar-besarnya untuk kepentingan orang banyak,. Cukup sudah title “mahasiswa abadi” melekat pada kita, lepaskanlah titel itu, terus berkembang, dan kembalilah ke masyarakat dengan membawa sejuta pengharapan diatas air mata saudara-saudara kita yang masih menderita karena kemiskinan…dan pastikanlah agar kita, mahasiswa, dapat menjadi bagian dari solusi, bukanlah menjadi bagian dari permasalahan baru….

Enrico Budianto
Seorang MAHASISWA

2 responses to “Mahasiswa, Siapakah Anda?

  1. cieeeh punya blog juga lw akhirnya Co..😛
    slamet… slamet deh….

    tridharma perguruan tinggi, yaitu pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat
    tridharma itu yg bhs latinnya lw jadiin judul blog lw bukan (scientia.nixus.fides)?

  2. bukan de…scientia itu artinya pengetahuan, fides itu artinya fun (kesenangan), kalo nixus gw lupa artinya, XD….

    ~anyway, makasih ya udah berkunjung, jangan lupa mampir-mampir lagi…:P

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s