Peringkat Universitas di Indonesia dalam THE-QS 2010

THE-QS

THE-QS, yang merupakan singkatan dari Times Higher Education dan Quacquarelli Symonds adalah salah satu lembaga pemeringkatan universitas yang cukup banyak digunakan. Pemeringkatan menurut versi THE-QS ini merupakan salah satu metode pemeringkatan universitas selain beberapa lainnya yang cukup dikenal, antara lain Webometrics dan pemeringkatan oleh Shanghai Jiaotong University. Terdapat banyak faktor yang mempengaruhi penilaian universitas, antara lain peer review, recruiter review, fakultas internasional, mahasiswa internasional, perbandingan antara fakultas dan siswa, serta publikasi ilmiah.

Pada edisi terbaru THE-QS pada tahun 2010, universitas-universitas dari kawasan Eropa dan Amerika Utara masih mendominasi papan atas pemeringkatan, dengan beberapa universitas dari asia dan australia yang sesekali muncul dalam daftar. Pada tahun 2010 ini, posisi Harvard University yang selama bertahun-tahun tak tergoyahkan di puncak daftar penilaian akhirnya turun juga, dan yang menggantikannya adalah University of Cambridge, sebuah universitas tua yang sangat dihormati di Inggris. Dalam posisi 10 besar, ternyata hanya ada dua negara yang berhasil menempatkan wakilnya, yaitu Amerika Serikat dan Inggris. Hal ini menunjukkan bahwa kedua negara tersebut masih merupakan yang terbaik dalam penyelenggaraan pendidikan, dan berhasil menciptakan universitas-universitas yang mampu menjadi pemimpin di tahapan global

Berikut adalah 10 besar universitas terbaik di dunia, versi THE-QS 2010 :

University of Cambridge

1. University of Cambridge

2. Harvard University

3. Yale University

4. University College London

5. Massachusetts Institute of Technology

6. University of Oxford

7. Imperial College London

8. University of Chicago

9. California Institute of Technology

10. Princeton University

Dimana posisi Indonesia?

UI

Secara umum, pada tahun 2010 ini universitas-universitas di Indonesia mengalami penurunan peringkat dibandingkan pada tahun 2009. Universitas Indonesia, yang merupakan universitas dengan peringkat tertinggi di indonesia pada THE-QS 2009 (Peringkat 201) tetap menjadi yang terbaik di Indonesia. Namun UI mengalami penurunan peringkat yang cukup jauh, menjadi peringkat 236, bersanding dengan University of Miami di AS, dan Norwegian University of Science and Technology. Sementara itu, Universitas Gajah Mada (UGM) berhasil menempati peringkat 321, tertinggi kedua di Indonesia, namun tetap mengalami penurunan dibandingkan tahun lalu. Kemudian, Institut Teknologi Bandung (ITB) juga melorot posisinya, bahkan terlempar posisinya keluar dari 400 besar dunia. ITB menempati posisi 400an, dimana pada tahun sebelumnya sempat memasuki 400 besar dunia pada posisi 351.

Menurun secara peringkat? Bagaimana dengan kualitas?

Secara umum, metode penilaian yang digunakan oleh lembaga pemeringkat tersebut sudah cukup valid dan melibatkan banyak parameter, namun kurang adil rasanya apabila pemeringkatan ini dibandingkan secara langsung dengan kualitas universitas tersebut. Sebagai contoh adalah UI dan ITB, dimana posisi UI secara umum lebih tinggi, tetapi peringkat ITB dalam bidang sains dan teknologi informasi dapat menembus 100 besar dunia, sebuah ukuran yang membanggakan… UI sendiri juga berhasil masuk dalam 100 besar dunia dalam bidang ilmu sosial.

Walaupun demikian, proses pemeringkatan ini tentunya dapat menjadi bahan pemelajaran untuk seluruh pemegang kekuasaan di universitas, terutama di Indonesia, untuk tetap menjaga kualitas, serta mulai menjadi universitas yang membuka diri terhadap percaturan global, baik di tingkat penerimaan, maupun di level riset. Masih banyak kesempatan bagi universitas di Indonesia untuk bisa menembus peringkat top dunia, asalkan diiringi dengan kerja keras dan semangat untuk maju.

One response to “Peringkat Universitas di Indonesia dalam THE-QS 2010

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s